Untuk 480 gram cream cheese
Bahan:
– 1300 ml susu segar (saya pakai merk Diamond fresh milk)
– 200 ml krim kental (resep asli tidak menggunakan krim kental)
– 2 sendok makan yogurt plain
– 4 sendok makan air jeruk lemon/jeruk nipis (saya menggunakan 1 butir jeruk lemon + 1 butir jeruk nipis)
Cara membuat:
Siapkan panci, masukkan susu cair dan krim kental ke dalamnya, aduk rata. Tambahkan air jeruk lemon/jeruk nipis. Aduk hingga rata. Rebus larutan susu menggunakan api sedang sambil diaduk-aduk hingga tampak susu menggumpal dan terpisah dari airnya. Angkat panci dari atas kompor. Matikan api
Note: Panaskan hingga susu benar-benar panas namun jaga jangan sampai susu mendidih. Aduk sesekali. Jika susu kurang panas maka gumpalan tidak akan terbentuk, pastikan hingga tampak gumpalan pekat diatas permukaan susu dan tampak susu mulai terpisah antara keju dan air yang bening kekuningan. Whey (air bekas menyaring cream cheese)
Siapkan wadah plastik berlubang, letakkan sehelai kain tipis yang biasa dipakai untuk membungkus tahu atau kain apapun asalkan berwarna putih dan sangat tipis. Tuangkan larutan susu yang telah menggumpal, saring gumpalan susu. Air bekas menyaring keju bisa anda manfaatkan untuk membuat sup atau jus, karena masih cukup bergizi.
Cuci gumpalan susu dengan air mengalir sambil diaduk-aduk dengan spatula agar rasa dan aroma lemon hilang. Lakukan sebanyak 2 atau 3 kali ( sebaiknya cuci cream cheese dengan menggunakan air matang) cream cheese1.
Tiriskan gumpalan susu hingga airnya benar-benar habis. Masukkan ke dalam food processor atau blender atau mikser, tambahkan yogurt dan proses hingga halus. Pindahkan kembali ke kain, ikat ujung-ujung kain, gantung menggunakan seutas tali. Letakkan mangkuk di bawah kain berisi cream cheese untuk menampung air yang menetes.
Biarkan selama 5 – 6 jam di suhu ruang, kemudian tuangkan cream cheese ke wadah yang memiliki penutup. Simpan di kulkas maksimal hanya 1 minggu saja. Cream cheese siap anda gunakan untuk cheese cake atau frosting.

Comments

comments